Proses Proyek Jasa Desain Interior dan Kontraktor Interior

Tips Dalam Menggunakan Jasa Interior

Pada era digital 5.0 ini, teknologi informasi sedemikian cepatnya. Perkembangan teknologi informasi tersebut sangat besar berpengaruh terhadap gaya hidup kaum urban masa kini. Salah satu yang sangat terpengaruh yaitu terbuka nya pikiran masyarakat terhadap desain interior.

Begitu mudahnya masyarakat untuk mendapatkan referensi desain interior, sehingga masyarakat pun sekarang lebih memperhatikan bagaimana membuat sebuah interior ruangan yang baik secara estetika. Walaupun kalau dilihat dari sudut pandang para ahli interior, tentu bukan hanya sekedar estetika, tetapi juga fungsi dan efisiensi.

Dengan fenomena tersebut, secara otomatis mulai bermunculan juga banyak pelaku jasa desain interior atau kontraktor interior diberbagai daerah di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan. Perusahaan jasa interior pun memiliki spesialisasi nya masing-masing, dari yang murni hanya menjual jasa desain interior saja, ada yang berikut dengan pengerjaan yaitu kontraktor interior, ataupun yang hanya sekedar custom furniture saja.

Begitu banyak perusahaan jasa interior tentu sebagai pembeli kita harus bisa lebih selektif, karena tidak berbeda dengan bidang lainnya juga, ada saja yang “nakal”. Karena tentu investasi yang kita keluarkan untuk membangun sebuah interior ruangan tidaklah sedikit. Apalagi yang kita sedang bangun itu adalah sebuah area komersil, semisal Restoran, Café, Coffee Shop, Hotel, atau Public Area lainnya, tentu semua telah harus diperhitungkan secara matang-matang.

Untuk menjaga kredibilitas, kami TRIASTERI yang bergerak dalam jasa interior melingkupi jasa desain interior, jasa pengerjaan interior/kontraktor interior dan custom furniture, selalu memberikan garansi hingga 1 tahun. Dan setiap yang kami kerjakan walaupun hanya sekedar custom furniture semisal kitchen set, kamar set, lemari pakaian atau tv cabinet, harus tidak boleh melangkahi prosedur desain. Dan desain yang kami sajikan pun berbentuk 3D, bukan coretan tangan biasa.

Pengalaman sejak dari 2010 juga telah membuat kami semakin banyak belajar bagaimana merancang sebuah desain interior yang baik dari setiap aspek serta bisa diaplikasikan secara nyata dengan kualitas yang terjaga pula. Jasa Interior yang telah kami kerjakan juga beraneka ragam seperti pembuatan interior ruang display sawit bekerja sama dengan PUSLITBANG, interior Gedung display Pertanian bekerja sama dengan BALITTRI, Restoran, Café, Coffee Shop, Hotel, Klinik dan Rumah pastinya. Untuk melihat beberapa hasil dari interior yang pernah kami kerjakan bisa dilihat pada galeri DISINI.

Apabila anda saat ini sedang berencana untuk membangun sebuah interior ruangan, berikut ini tips dengan tahapan yang perlu dilakukan adalah :

  1. Akan sangat baik anda memulai menghubungi perusahaan jasa interior pada saat bangunan pun belum jadi, sehingga pemilihan material yang digunakan oleh kontraktor sipil pada bangunan akan bisa sejalan dengan perencanaan interior nantinya. Jadi tidak aka ada penyesalan pada pemilihan material bangunan.
  • Tetapi apabila sudah terlanjur atau memang bangunan sudah jadi dari sejak lama, maka anda bisa berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu mencari referensi desain yang sesuai dengan impian anda. Pencarian bisa dilakukan di Google, Pinterest atau Instagram. Kenapa tahapan ini perlu? Dikarenakan begitu banyak konsep desain interior didunia, setidaknya kita bisa mengerucutkan keinginan kita dengan sebelumnya melakukan pencarian sendiri.
  • Tahap selanjutnya, langsung hubungi kontraktor interior/desainer interior yang menurut anda terpercaya. Sampaikan mengenai impian interior anda berikut dengan referensi yang diinginkan.
  • Berikutnya, biasanya kontraktor interior akan melakukan pengukuran atau membuat pemetaan ruangan yang akan dieksekusi. Perlu diketahui juga, bisa dipastikan anda akan penasaran berapa perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengerjaan interior sesuai dengan yang anda inginkan nanti. Tetapi memang dalam interior perkiraan biaya itu tidak akan pernah bisa dilakukan apabila belum ada desain. Berdasarkan pengalaman kami saja pernah mengeksekusi 2 rumah yang secara ukuran dan fungsi sama tetapi memiliki anggaran yang jauh berbeda. Itu bisa terjadi dikarenakan untuk rumah pertama terdapat pekerjaan custom furniture, treatment lantai, treatment tembok dan penerangan. Sedangkan rumah kedua hanya terdapat pekerjaan custom furniture dan treatment lantai.
  • Setelah pengukuran dan pemetaan yang dilakukan oleh kontraktor interior, pastikan bahwa ada proses desain yang harus dilakukan terlebih dahulu. Karena desain itu nanti yang akan dijadikan dasar sebagai landasan harga dan hasil akhir. Akan menjadi sebuah keanehan apabila ada kontraktor interior yang bisa langsung memberikan harga tanpa melalui proses desain. Selain dari itu terlalu berbahaya juga karena kedua belah pihak tidak memiliki dasar kesepakatan hasil akhir, dibelakang bisa terjadi konflik. Dalam perancangan desain pun biasanya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk seorang kontraktor interior professional, karena mereka akan memerlukan waktu dan Analisa yang sangat serius dalam merancang interior anda.
  • Setelah proses desain selesai, maka kontraktor/desainer akan menerbitkan RAB (Rencana Anggaran Biaya). RAB tersebut merupakan dana yang harus dikeluarkan oleh owner untuk kontraktor melakukan pengaplikasian interior sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya. Biasanya kontraktor interior terbuka terhadap negosiasi, range negosiasi antara 1-10%, karena rata-rata kontraktor mark up margin sekitar 30%. Harga murah mungkin menyenangkan dengan negosiasi lebih dari 10%, tapi perlu diketahui bahwa kontraktor yang bertahan dengan negosiasi nya di maksimal 10% itu biasanya mereka saving juga anggaran untuk after sales service. Karena bisa dipastikan selalu ada saja yang mungkin belum sesuai kepuasan owner. Jadi jangan senang dulu apabila anda dapat harga murah tapi ternyata kontraktor tidak bertanggung jawab untuk after sales service.

Dalam sebuah proyek interior itu merupakan kerjasama dua belah pihak antara kontraktor dan owner yang dalam jangka waktu tertentu diperlukan komunikasi dan koordinasi yang intens, agar mencapai hasil yang memuaskan. Semoga tips jasa interior ini bermanfaat bagi konsumen yang sedang mencari jasa desain/kontraktor interior ataupun pelaku bisnis interior.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *